-->

Sunday, July 21, 2024

PKS Cot Girek Diminta Tidak Anak Tirikan Petani Sawit

 

Edi Saputra (AK3)

Aceh Utara I Gebrak24 - Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Perjuangan Kabupaten Aceh Utara, Edi Saputra (AK3), menyatakan penyesalan atas tindakan pilih kasih (menganaktirikan) terhadap petani sawit yang dilakukan oleh Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN 1 Cot Girek di kecamatan Cot Girek, kabupaten Aceh Utara.

Hal itu disampaikannya kepada awak media di Cot Girek kecamatan Cot Girek, Jum'at (19/07/2024)

 Dia mencontohkan kejadian yang terjadi kemarin sekitar pukul 17.00 wib ketika mobil SPJRA ditimbang oleh hujan. Saya melihat sendiri ada buah pasir dibenam saat ditimbang di loading dua. Namun, jika ada petani Apkasindo Perjuangan Aceh Utara yang telah bergabung ke SP lain, itu akan sulit diterima

Edi mengatakan, padahal jumlah petani Apkasindo sekitar 9000 orang di Aceh Utara. Sementara PKS kebun Cot Girek mengandalkan TBS dari Luar Aceh Utara .

 "Tapi PKS mempersulit petani setempat, saya pikir ini adalah cara PKS agar tetap membeli TBS dengan harga potongan 4 persen seharusnya 4,5 - 5 persen dari petani Aceh Utara," tuturnya.

Menurut Edi, sebenarnya mereka harus melakukan pembinaan para petani sawit di Aceh Utara, berdasarkan yang ada disini lahan Koperasi Unit Desa (KUD) bibitnya dulu bantuan PTPN IX merupakan bapak angkatnya.

"Seharusnya PKS mengayomi petani disekitarnya. Namun yang terjadi justru terkesan seolah-olah PKS menciptakan keadaan menganaktirikan petani dan membeli TBS dengan harga secara sepihak,"tegasnya.

Sangat disayangkan, dia menyatakan bahwa hari ini ada laporan tambahan tentang SPRPD dan SPWIB, karena hanya dua mobil milik SPRPD dan SPWIB yang dinaikkan oleh SPI, sementara SRD 4 dimiliki oleh badan hukum SRD, WIP, JRH, dan LKMD.

 "Untuk saat ini, untuk saat ini saya berbicara ya? Kenapa dua mobil tersebut dinaikkan," kata Edi Saputra. "Kejadian ini sangat merugikan, karena tidak peduli dengan buah sawit petani sekitar

Dia menyimpulkan, "Kami sangat berharap kepada Pak RH sebagai Direktur PTPN IV region 6 untuk melakukan investigasi agar petani APKSINDO Perjuangan Aceh Utara mendapatkan manfaat yang lebih besar daripada petani luar luar daerah Aceh Utara.

 Sampai berita ini ditayangkan, tidak ada yang mengkonfirmasi. Opini masyarakat tentang Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN 1 Cot Girek berubah-ubah, bahkan ada yang negatif. (team/red).




Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis comments

banner

Latest News

Back to Top