-->

Friday, July 19, 2024

Tausiah Konsep Dunia Akhirat Bagi Siswa/i SMAN 1 Peureulak Oleh Tgk. Kamaruddin, S.Pd.i

 




Aceh Timur I Gebrak24 - Tgk. Kamaruddin, S.Pd,i.( Pimpinan Dayah Baitul Ilmi Al.- Aziziyah) Gampong Pasir Putih Kecamatan Peureulak Aceh Timur menyinggung tentang perilaku manusia yang terlalu fokus mengumpulkan kekayaan dunia hingga melupakan persiapan untuk kehidupan akhirat. Melalui gaya bahasanya yang khas, Tgk Kama sapaannya Akrabnya menekankan pentingnya mempersiapkan bekal untuk kehidupan setelah kematian.


"Jadi kalau ada orang ragu dengan sesuatu informasi maka kita ingin meyakinkan supaya keraguann itu hilang," ujar Tgk Kama, mengawali pembahasannya dengan menjelaskan konsep sukses dunia akhirat di hadapan para Siswa/i SMAN 1 Peureulak dan para dewan guru, Jumat, (19 Juli 2024).

Dalam ceramahnya, Tgk Kamaruddin menyentil kebiasaan sebagian orang yang terlalu sibuk dengan urusan dunia hingga lupa akan kebutuhan akhirat. Bagi para Siswa/i SMAN1 Peureulak Tgk Kama menjelaskan konsep dunia akhirat itu penting.

"Kamu itu akan meninggalkan dunia, kamu akan wafat, yang kamu kumpulkan ini enggak akan bermanfaat untukmu kalau tidak digunakan itu untuk kepentingan esok harimu," Katanya.

Lebih lanjut, Ustaz Adi Hidayat mengkritik gaya hidup materialistis yang hanya mengejar kesenangan sementara tanpa memikirkan nilai ibadah dan amal shaleh sebagai bekal akhirat.

Ada 6 konsep sukses sebagai bekal dunia akhirat yakni, Ihktiar, Doa, Tawakkal, Bersyukur, Bersabar dan Ikhlas. Bila hal ini telah tertanam didalam kehidupan keseharian kita tentu sudah ada bekal tersebut, inilah konsep hidup," Terang Tgk Kama.

Dijelaskan lagi, setiap muslim harus sadar bahwa hidup di dunia ini hanya sementara dan akhirat adalah kehidupan yang kekal. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan amal shaleh yang akan menjadi bekal di hari akhir. "Jangan goyah, kuatkan pada jiwamu, yakinkan dengan kuat bahwa hari perpisahan itu akan tiba, berpisah kita dengan dunia atau dunia berpisah dengan kita," Tutur Tgk Kama mengingatkan.

Tausiah yang disampaikan pada giat pengajian setiap jumat bertepatan dengan giat sekolah bagi siswa baru MPLS SMAN 1 Peureulak di tahun ajaran baru. ( Thaib )

Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis comments

banner

Latest News

Back to Top