-->

Saturday, August 3, 2024

Dandim 0103/Aceh Utara Tinjau Kampung Pancasila Binaan.

 


Aceh Utara I Gebrak24 - Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar S.T.,M.M.,M.H.I., didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XX Dim 0103 Aceh Utara Ny. Raena Maidelsa Makhyar meninjau Kampung Pancasila Binaan Kodim 0103/Aceh Utara bertempat di desa Cot Seurani, Kecamatan Muara Batu, kabupaten Aceh Utara, Jumat (02/08/2024).


Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar S.T.,M.M.,M.H.I., mengatakan Kampung Pancasila selama ini memang sudah berjalan, maksud dan tujuan dari pembentukan Kampung Pancasila agar menumbuhkan kembali semangat masyarakat terutama para pemuda sebagai penerus untuk menghayati nilai nilai luhur bangsa dan negara serta meningkatkan pengamalan sila-sila dalam Pancasila itu sendiri.


"Pancasila merupakan sistem nilai yang digali dari Nilai-nilai Luhur Bangsa Indonesia, dimana Nilai-nilai tersebut telah ada jauh sebelum Indonesia Merdeka dan telah berkembang menjadi Nilai-nilai Dasar yang merupakan karakter masyarakat Indonesia", katanya.


Adapun beberapa kriteria secara garis besar dapat dikatakan sebagai Kampung Pancasila diantarnya Ialah, Berideologi Pancasila, Masyarakat yang sadar Hukum, bebas Narkoba, Lingkungan Kamtibmas yang baik, tidak ada tindak criminal, Memiliki Swasembada pangan ,Toleransi beragama baik saling menghormati, rasa kebhinekaan, gemar bermusyawarah dan bersikap adil.


Dandim menuturkan kegiatan rutinitas yang dilakukan para warga di kampung Pancasila seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), ketahanan pangan, budaya gotong-royong dan lainnya juga terus berjalan lancar.


"Diharapkan nilai-nilai pengamalan Pancasila tetap terjaga dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menangkal ancaman dari dalam dan luar serta harapannya semoga kita semua dapat menjunjung tinggi nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkap Letkol Makhyar.

Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis comments

banner

Latest News

Back to Top