-->

Saturday, August 24, 2024

Kota Takengon Salah Satu Lokasi Tuan Rumah PON XXI

 





Aceh Tengah I Gebrak24 - Kota Takengon merupakan salah satu tuan rumah PON ke XXI yang ditunjuk untuk melaksanakan cabang olahraga pacuan kuda, yang akan digelar di lapangan Pacuan Kuda Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing.

Kabupaten Aceh Tengah dengan ibukotanya Takengon yang dikenal dengan berbagai sebutan diantaranya "Negeri Diatas Awan", "Dataran Tinggi Tanoh Gayo" dan "Negeri Antara". Di negeri ini berlangsung pesta rakyat gayo tahunan yang menampilkan pacuan kuda tradisional. Tanpa perlu promosi secara serentak masyarakat yang mendiami dataran tinggi tanoh gayo pada saat berlangsungnya lomba pacuan kuda tersebut turun membanjiri kota Takengon.

Menyaksikan pesta rakyat gayo dengan even pacuan kuda tradisional gayo berlangsung selama sepekan.

Lapangan yang dipilih waktu itu sebagai lokasi pacuan kuda adalah Gelenggang Musara Alun, persis terletak dijantung kota Takengon ibukota Kabupaten Aceh Tengah. Kondisi lintasan tampak sangat bersahaya. Disepanjang lintasan yang dibuat melingkar, hanya dibatasi oleh rotan.

Pacuan kuda tradisional gayo merupakan sebuah even yang berlangsung tiap tahun. Peristiwa ini adalah bagian dari peringatan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Perhatian masyarakat bertumpu seluruhnya ke arena pacuan ini sebuah pesta rakyat gayo!

PON XXI Aceh-Sumut dijadwalkan berlangsung pada September 2024,

Sejumlah warga yang ditanyakan pada Minggu (18/8/2024) lalu mengatakan jalan alternatif Aman Payung- Jurusen, yang biasa digunakan oleh penonton dan atlet pacuan kuda Belang Benangka.

merupakan salah satu akses yang selalu ramai setiap penyelenggaraan pacuan kuda dan diperkirakan akan semakin padat saat PON berlangsung. (Usman Cut Raja)

Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis comments

banner

Latest News

Back to Top