-->

Friday, September 27, 2024

Dirjen Dukcapil Luncurkan Pilanduk Langkar Inovasi Terbaru Kabupaten Tanah Laut

 



Pelaihari I Gebrak24.com – Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi, resmi meluncurkan inovasi terbaru “Pilanduk Langkar” di Gedung Sarantang Saruntung, Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Kamis (26/9/2024).


Inovasi ini menghadirkan layanan Sidang di Luar Gedung Pengadilan yang memungkinkan masyarakat untuk menyelesaikan urusan kependudukan, seperti pengesahan akta kelahiran dan perkawinan, tanpa harus datang ke pengadilan.


Kolaborasi cerdas antara Dukcapil Kabupaten Tanah Laut dan Pengadilan Negeri Pelaihari ini bertujuan mempercepat dan mempermudah layanan sidang bagi masyarakat, terutama di wilayah terpencil. Dengan adanya Pilanduk Langkar, masyarakat dapat mengurus dokumen-dokumen penting langsung di lokasi yang dekat dengan tempat tinggal mereka, menjadikan pelayanan lebih cepat, praktis, dan terjangkau.


Usai meresmikan inovasi tersebut, Dirjen Teguh didampingi Sekda Kabupaten Tanah Laut Suparmi, Kadis Dukcapil Akhmad Hairin beserta jajaran terkait, langsung turun ke lapangan untuk melihat bagaimana proses sidang berjalan di Kantor Dukcapil Kabupaten Tanah Laut.


Dirjen Teguh sangat mengapresiasi inovasi ini. “Ini benar-benar terobosan yang luar biasa. Saya sangat terkesan melihat langsung bagaimana program ini dapat mempermudah masyarakat,” ujarnya.


Dirjen Teguh menyatakan bahwa inovasi ini dapat menjadi role model bagi daerah lain. “Selain cepat, inovasi ini juga memberikan kebahagiaan bagi masyarakat. Mudah-mudahan program ini bisa terus dikembangkan di berbagai daerah lainnya,” kata Dirjen Teguh.


Turut hadir dalam acara tersebut, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Selatan, Galuh Tantri Narindra, yang mendukung penuh inovasi ini.


Dengan hadirnya layanan Pilanduk Langkar, masyarakat Kabupaten Tanah Laut kini memiliki akses yang lebih mudah dan cepat untuk menyelesaikan urusan pencatatan sipil, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Tanah Laut.


Dirjen Teguh juga mengingatkan pentingnya sosialisasi program ini agar masyarakat di seluruh pelosok Kabupaten Tanah Laut bisa memanfaatkannya dengan optimal. "Program seperti ini harus terus disebarluaskan sampai ke akar rumput, agar setiap warga paham dan dapat memanfaatkan layanan ini sebaik-baiknya,” pungkasnya pada kesempatan meninjau layanan adminduk di Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Tanah Laut. (*)

Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis comments

banner

Latest News

Back to Top