-->

Friday, September 6, 2024

Kodim 0818/Malang-Batu Gelar Baksos TNI Operasi Katarak Gratis di RSUD Karsa Husada Kota Batu

 

 



Kota Batu I Gebrak24 - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Kodim 0818/Malang-Batu bersama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Malang Raya dan Yayasan ISHK Tolaram menyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial TNI Operasi Katarak gratis. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karsa Husada, beralamat di Jl. Ahmad Yani No.11-13, Ngaglik, Kota Batu. Bhakti sosial ini dikhususkan bagi masyarakat tidak mampu yang membutuhkan perawatan mata, terutama operasi katarak. Kamis (05/09/2024)


Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan partisipasi dari 109 pasien yang telah terdaftar dan sudah lolos screening. Mereka mendapatkan pemeriksaan mata secara gratis dan bagi yang memerlukan tindakan operasi katarak, langsung mendapatkan perawatan medis dari tim dokter spesialis yang tergabung dalam Perdami Malang Raya. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan penglihatan yang lebih baik, sehingga kualitas hidup mereka dapat meningkat.


Acara ini dihadiri oleh Komandan Kodim 0818/Malang-Batu, Letkol Inf Yuda Sancoyo, M., Han., yang didampingi oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Malang dan Kota Batu, serta berbagai stakeholder lainnya. Sinergi antara TNI, Perdami, dan Yayasan ISHK Tolaram dalam kegiatan ini menjadi bukti kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, khususnya bagi yang kurang mampu.


Dalam sambutannya, Letkol Inf Yuda Sancoyo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang berkolaborasi dalam kegiatan ini. “Operasi katarak gratis ini adalah wujud kepedulian TNI dan mitra kerja kami dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Kami berharap kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi pasien, khususnya dalam memperbaiki penglihatan mereka dan mendukung kesejahteraan hidup yang lebih baik,” ujarnya.


Dandim juga berharap para Danramil dan Babinsa Kodim 0818 untuk selalu menjadi jembatan bagi masyarakat kurang mampu yang ada di wilayah binaanya. 


Sementara itu Dr. Sahul Hamid selaku Ketua Yayasan ISHK Tolaram mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang berikan kepada kami, Kami dari yayasan mempunyai fungsi untuk membantu mengurangi angka kebutaan Masyarakat, dimana penyakit katarak ini, merupakan penyebab utama kebutaan. Kami berharap untuk kolaborasi ini tidak hanya hari ini saja, kami berharap terus menjalin kolaborasi sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.


Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan mata, tetapi juga sebagai bagian dari upaya memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat. Bhakti sosial ini menjadi momentum penting untuk menunjukkan bahwa peran TNI tidak hanya dalam pertahanan dan keamanan, tetapi juga dalam kesejahteraan rakyat.(Ratri)


Sumber : Pendim 0818 Malang - Batu

Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis comments

banner

Latest News

Back to Top