-->

Thursday, October 24, 2024

Banda Baro, Kecamatan penghubung di Kabupaten Aceh Utara wilayah Barat

 




Aceh Utara I Gebrak24.com - Banda Baro adalah Kecamatan yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Aceh Utara wilayah Barat dan merupakan Kecamatan pemekaran dari Kecamatan Nisam pada Tahun 2007.

Lokasi Kecamatan yang terletak di perempatan Jalan PT KKA dan Jalan Elak serta berbatasan dengan Kecamatan Dewantara dan Muara Batu di Utara, Kecamatan Nisam di Selatan, Kecamatan Sawang dan Nisam Antara di Barat dan Kecamatan Nisam di Timur.

Perempatan Jalan KKA dan Jalan Elak, sebagai jalan penghubung antar Kecamatan di Wilayah Barat Aceh Utara.

Kondisi tersebut telah menjadikan Kecamatan Banda Baro sebagai Kecamatan penghubung antar Kecamatan lain di wilayah barat Kabupaten Aceh Utara.

Ibukota Kecamatan Banda Baro adalah Ulee Nyeue, tempat segala aktifitas pemerintahan dan perputaran ekonomi serta kegiatan sosial Kecamatan berlangsung

Kecamatan Banda Baro terdiri dari 9 Desa dan 2 Kemukiman dan semua Gampong dapat dicapai dengan mudah karena sarana jalan yang sudah beraspal hotmix, Sembilan Desa tersebut adalah Paya Dua, Cot Jabet, Ulee Nyeue, Paya Uleue, Alue Keurinyai dan Jamuan di Jalan PT KKA, sementara Desa Paya Beuyeot terletak di Jalan Elak serta Desa Blang Pala dan Sengkelan terletak diarah Selatan Paya Beuyoet.

Camat yang pernah ditempatkan di Kecamatan Banda Baro dari Tahun 2007 sampai sekarang adalah :

  1. Drs. Saiful Basri 2007-2011
  2. Drs. Syahabuddin 2011-2013
  3. Bakhtiar, SH 2013-2015
  4. Fadly, S.STP, MPA 2015
  5. Nawafil Mahyudha SSTP
  6. Syahrul Nizam
  7. M Amin
Salah seorang Takoh Masyarakat Asnawi H.Ali Mantan Keuchik Ulee Nyeu mantan mukim Banda Baro yang dihubungi Media ini Kamis (24.10 menjelaskan, Kecamatan Banda Baro relatif kecil dengan luas 4.235 Hektar dan berpenduduk laki perempuan sekitar 10.000 jiwa. Sumber mata pencaharian masyarakat adalah di bidang Pertanian, Perkebunan, Kerajinan, Pedagang dan lainnya,

Disebutkan, dalam menunjang aktifitas pertanian sebagai sumber nafkah utama masyarakat Banda Baro telah dibangun irigasi induk yang akan menyalurkan air ke sawah mareka. Di Jamuan sedang proses pembebasan lahan untuk pembangunan irigasi pengairan dari kecamatan Sawang ke kecamatan Banda Baro namun hingga hari ini belum selesai.

Dijelaskan juga Kecamatan Banda Baro merupakan kecamatan yang berdampingan dengan Pabrik Kertas Kraft Aceh ( KKA) belum terlihat pembangunan yang signifikan padahal ketika pabrik KKA masih beroperasi mantan Presiden Jokowi pernah mondar mandir melalui jalan Banda Baro, Demikian Asnawi. (Ucr)

Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis comments

banner

Latest News

Back to Top