-->

Monday, October 14, 2024

Di SMP Negeri 1 Cot Girek: Implementasi Profil Pancasila Melalui Peringatan Maulid Nabi

 





Aceh Utara I Gebrak24.com - Kepala SMP Negeri 1 Cot Girek, M.Amin,S.Pd.I. MA mengatakan peringatan Mulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M. menunjang program Merdeka Belajar yang merupakan profil Pancasila Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang memiliki dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia menuju generasi emas 2045.

Peringatan ini mengambil tema "Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW dalam Membangun Karakter Generasi Muda Yang Berakhlak Regilius". Kalimat ini menjadi peletak dasar keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan bagi seluruh siswa, guru,dan warga sekolah.

Turut hadir Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Jamaluddin,M.Pd, pengawas sekolah, kepala sekolah, dan para undangan lainnya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut tidak hanya bersifat seremonial akan tetapi juga sebagai sarana membentuk karakter siswa yang berakhlakul karimah dan Momentum tersebut juga sekaligus mempererat silaturahmi antar siswa dan guru.

"Kepada seluruh peserta didik dapat menjadi anak yang tangguh di era modern ini dengan meneladani sifat, akhlak dan kebaikan-kebaikan Rasullullah Nabi Muhammad SAW,"harapnya

Lanjutnya, salah satu kegiatan yang tidak ketinggalan dalam sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler untuk memaksimalkan potensi siswa dan siswi.

Adapun jenis-jenis ektrakurikuler yang ada yaitu Pramuka, seni tari dan vokal, olahraga dan kegiatan keagamaan (zikir dan pengajian rutin). Kemudian, program pembinaan skala tahunan berupa peningkatan karakter dan keagamaan.

"Perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW (Maulid nabi) dan peringatan isra' mi'raj,"imbuhnya.



Selain itu, ia menyebutkan bahwa peningkatan nasionalisme yakni memperingati Hari Kemerdekaan RI, Hardikda dan Hardiknas, dan hari - hari besar lainnya.

"Tujuan dari kegiatan tersebut adalah membentuk karakter anak-anak untuk membentengi di era globalisasi agar anak-anak aktif dalam kegiatan hal-hal yang positif,"pungkasnya.

Dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung meriah pasa Senin (14/10/2024) di sekolah setempat. Lantunan "zikir" sebagai acara pokok peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu ditampilkan para siswa SMPN 1 Cot Girek dan juga group Zikir dari Dayah Nurul Iman.

Show comments
Hide comments
No comments:
Tulis comments

banner

Latest News

Back to Top